Sunday, July 26, 2015

Crimping Kabel LAN

Untuk pemasangan kabel LAN, menjadi dua macam jenis pemasangan yaitu pemasangan jenis Crossover dan Straight. sebelum kita masuk ke proses pemasa
ngan mari kita pelajari terlebih dahulu
RJ 45
mengenai urutan urutanya baik yang cross dan straight sebagai berikut:
1. Kabel Straight
untuk kabel straight untuk urutan pemasangan mari kita siapkan terlebih dahulu kabel LAN dan RJ45 atau kepala LAN nya yang akan kita masukan kabelnya berdasarkan urutanya.   
- kelupas terlebih dahulu kabel lanya kira kira 2cm agar kabel terlihat,
- urutkan kabel warna warni dengan urutan putih orange, orange, putih hijau, biru, putih biru, hijau, putih cokelat, cokelat.
- setelah semua diurutkan diusahakan sejajar dan rapi
- tarik kabel dengan menggunakan tang krimping lalu tarik kira-kira setengah senti lalu pegang kabel akak kencang, lalu patahkan dengan tang tersebut.
- setelah terpotong rapi lalu masukan kabel dengan urutan sebelah kiri putih orange, orange dan selanjutnya.
- pegang RJ45 dengan tangan kiri dengan posisi terlentang lalu masukan kabel mengikuti alur yang ada di RJ45 dan diusahakan sampai mentok dan sarung pembungkus kabel agak masuk sedikit
- gunakan tang krimping lagi untuk mengcrymping tekan sampai bunyi "cetik" kalau sudah pasangkan juga di sisi ujung kabelnya dengan urutan dan langkah pemasangan yang sama.

2. Kabel Crossover
Crossover
untuk pemasangan kabel crossover untuk prosesnya sama tapi terdapat beberapa perbedaan pada kabelnya saja yaitu:
kabel dipasangkan di ujung pertama dengan urutan seperti Straight tapi di ujung satunya dengan urutan crossover " putih hijau, hijau, putih orange, biru, putih biru, orange, putih cokelat, cokelat

untuk semua jenis peralatan yang ada seperti tank krimping dan mode kabel seperti gambar-gambar yang tertera diatas sedangkan untuk gambar tang krimping seperti dibawah ini, adapun harganya saya kurang tahu berapanya. tapi semoga membantu dan dapat anda peraktekan sendiri dan semoga berhasil.

No comments:

Post a Comment