Thursday, July 23, 2015

Tips Agar Baterai Laptop Awet

                
Tips dan trik agar baterai laptop tetap awet dan dapat bertahan sampai bertahun-tahun. dari beberapa baterai laptop memang biasanya hanya memiliki ketahanan 1-2Tahun saja untuk pemakaian tanpa perawatan, hal ini karena baterai laptop ketika panas akan mengalami pemuaian, sama seperti bisa diibaratkan dengan bak penampungan air yang selalu menampung air terus menerus yang akan menyebabkan meluap setelah bak penampungan tersebut penuh, dari sini
dapat kita simpulkan bahwa daya tampung baterai sudah disesuaikan dengan kapasitas yang telah ditentukan serta indikator di laptop akan mendeteksi seberapa banyak sisa baterai yang tersedia. sering kali beberapa laptop sudah tidak bisa bertahan lebih dari 1jam hal ini dikarenakan perawatan serta pemakaian laptop yang tidak di kontrol, berikut tips agar baterai tetap awet :
1.Konfigurasi Baterai
pastikan untuk menggunakan konfigurasi baterai dengan tepat seperti mengatur berapa lama layar akan mati maupun komputer auto sleep agar konsumsi baterai tidak terlalu banyak
2. Kurangi penggunaan perangkat
pastikan untuk mengurangi beberapa penggunaan seperti Wifi, Bluetooth, Modem karena ketika perangkat tersebut tidak kita gunakan dan aktif secara tidak kita sadari perangkat tersebut mencari signal yang mengakibatkan berkurangya baterai, jadi usahakan agar perangkat tersebut digunakan sperlunya saja dan selalu dimatikan ketika sudah tidak digunakan lagi.
3. Kurangi Kontras layar 
layar yang terlalu terang tentunya akan mengakibatkan konsumsi baterai lebih banyak daya yang digunakan serta tidak baik juga untuk kesehatan.
4. Matikan Screen Saver
screen saver memang terlihat bagus dan komputer seperti bergerak sendiri tapi secara tidak langsung bahwa penggunaan screen saver akan menyebabkan kerja CPU aktiv dan VGA juga digunakan maka perangkat tersebut terus menerus menyedot daya yang lumayan banyak.
5. Charge Pertama
untuk pengeCharge baterai pertama kali baterai masih dalam keadaan setengah terisi jadi untuk pertama kali menggunakan sebaiknya Charge terlebih dahulu baterai kira-kira 4-8 Jam sampai lampu indikator Charge selesai atau biasanya berwarna hijau. karena ketika laptop langsung digunakan padahal baterai baru pertama kali digunakan maka pengeChargean baterai belum maksimal halini akan menyebabkan baterai menjadi tidak tahan lama.
6. Jangan MengeCharge Tanpa Batas
pastikan setiap kali indikator baterai full menyala langsung lepaskan baterai agar baterai tidak overcharge yang mengakibatkan kapasitas baterai berkurang atau menguap. 
7. Charge ketika baterai dibawah 40 %
usahakan untuk mengecharge kembali baterai ketika baterai berada di antara 15-30% karena pada saat baterai berada di range tersebut baterai sudah melemah dan baterai biasanya lebih cepat habis.

No comments:

Post a Comment