Thursday, July 23, 2015

Kesehatan IPTEK

             Topik mengenai kesehatan di bidang komputer mungkin agak terasa aneh ya tapi disini saya akan membagikan tips untuk semua pembaca agar tidak salah dalam menggunakan komputer karena kesehatan itu perlu dan sangat dianjurkan terutama di lingkungan kerja, berikut saya paparkan mengenai bagaimana cara menjaga kesehatan anda ketika menggunakan komputer.
Hal yang perlu di lakukan,
1. Posisi Komputer
         Untuk posisi komputer sebaiknya lurus dengan kursi anda karena apabila posisi komputer berada di samping kiri atau kanan anda tentunya akan terbiasa menengok ke arah kiri atau kanan, tentunya posisi ini akan menyebabkan anda merasa pegal bahkan punggung akan terasa sakit.
2. Harus Ada Air Putih
            Apabila anda akan mengerjakan tugas kantor maupun tugas sekolah tentunya hal yang perlu disiapkan adalah air, disini terutama air putih karena ketika anda tidak meminum segelas airpun maka mata anda akan menjadi kering serta badan anda akan ikut kering juga dan anda akan mulai merasakan sakit mata, apabila ini terjadi langsung minum air putih yang banyak agar anda tidak terlanjur sakitnya jadi bisa di cegah.
3. Jarak Komputer dengan anda
           Jarak ideal komputer dengan anda sebaiknya jangan terlalu jauh ataupun dekat sebaiknya untuk jarak kira-kira 50-70cm tergantung besarnya monitor yang digunakan.
4. Pencahayaan
          Cahaya dalam hal ini pencahayaan dari komputernya sendiri maupun pencahayaan dari ruangan anda sebaiknya jangan terlalu terang maupun terlalu redup, diusahakan untuk keredupan cahaya ruangan jangan menggunakan downlight, apabila menggunakan downlight sebaiknya berada di belakang atas kepala anda agar mata anda tidak secara langsung melihat ke cahaya lampu. sedangkan untuk cahaya di komputer anda gunakan cahaya normal saja dan dapat di kecilkan lagi sesuai dengan keinginan anda.
5. Durasi 
             Untuk durasi anda dalam menggunakan komputer sebaiknya setiap 5 menit anda berhenti sejenak agar mata anda tidak menjadi tegang dan kering dan coba untuk minum air putih, apabila punggung sudah terasa pegal sebaiknya anda langsung istirahat sebentar sampai punggung anda tidak terasa sakit lagi.
6. Suasana
              Suasana mungkin disini sebagai penyemangat saja agar anda tidak merasa bosan, karena dihawatirkan anda nanti malah kesurupan nanti malah bahaya.

             Mungkin hanya itu saja tips kesehatan komputer dari saya yang dapat saya sampaikan semoga anda berkenan untuk membaca dan dapat dipahami dan diambil yang baik-baik dan dijauhkan dari yang jelek-jelek semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment