Thursday, July 23, 2015

Tips Agar Komputer Tetap Cepat






           Komputer yang kita punya setelah satu tahun atau lebih komputer anda menjadi lambat bahkan tidak bisa dinyalakan, hal ini terjadi karena kita kurang bisa menjaga kebersihan dan keamanan komputer dari segi lokasi, jangkauan dsb
. disini saya akan memberikan tips untuk menjaga agar komputer anda lebih cepat dari beberapa faktor.
Untuk Faktor Aplikasi:
1. Gunakan aplikasi yang seperlunya saja
           Kita sering mencoba untuk menginstal beberapa aplikasi yang belum kita tahu dan setelah kita install tidak kita unintall lagi, hal ini tentu menyebabkan ruang hardisk menjadi berkurang dan kinerja komputer menjadi lambat maka perlu anda uninstalll aplikasi yang menurut anda tidak perlu, akantetapi ada beberapa aplikasi yang mungkin tidak anda kenal dan itu berpengaruh seperti Microssoft Net framework dll kalau ada aplikasi yang bawaan dari microsoft atau aplikasi penting lainya maka tidak perlu anda uninstall. 
2. Tata ulang system anda 
           Untuk menata ulang system anda cukup gunakan Defragment, atau disk cleanup yang terdapat di windows, untuk menunya anda cukup masuk ke menu START >> All Programs >> Accessories >> System Tools dan disitu ada beberapa tools yang dapat digunakan sebagai penata ulang system atau seperti gambar dibawah ini :

Gambar Menu Tools







Biasanya untuk idealnya adalah 1 minggu satu kali tapi apabila satu minggu satu kali terlalu cepat cukup 1 Bulan juga bisa. boleh manual tapi kalau anda rasa kurang cepat kinerja komputer anda boleh anda restart lagi dan gunakan terus sampai anda merasa cepat.
3. Posisi Komputer/Laptop





         Untuk posisis Komputer memang kadang dianggap remeh tapi untuk posisi CPU baikny anda letakan di posisi yang terdapat sirkulasi udaranya agar komputer tidak panas dan kotor karena apabila komputer anda kotor anda dapat bersihkan menggunakan kuas atau cairan pembersih lainya terutama hal ini sering terjadi pada laptop, sering laptop diletakan di atas kasur atau di atas tempat yang tidak rata hal ini menjadi pemicu kerusakan hardware juga.
4. Supply Power
          Untuk supply power sebaiknya gunakanlah di posisi atas jangan dimasukan di bawah apalagi di buat bercabang-cabang, karena hal ini menjadi pemicu terjadinya konsleting dan menyebabkan komputer gosong dan komputer tersebut akan sering error. untuk menjaga-jaga gunakanlah stabilizer atau UPS agar komputer tidak langsung mati ketika terjadi pemadaman listrik.

            Beberapa tips agar komputer menjadi cepat dan tidak lemot, untuk trik mempercepat komputer memang harapan semua orang apabila komputer menjadi sangat cepat mungkin mustahil tapi menjadi stabil itu adalah yang wajar terjadi dan bisa terjadi apabila anda mengikuti beberapa saran saya yang ada di atas. ingat spek hardware juga menentukan jadi jangan salahkan apabila tidak bisa cepat karena hardware anda memang kurang support.




















No comments:

Post a Comment