Thursday, July 23, 2015

Trouble Shoot Komputer

           Pernahkah anda mengalami komputer anda tiba-tiba mati, ngehang, atau bahkan komputer anda berbunyi aneh. tidak usah bingung anda cukup pelajari langkah langkah troubleshooting dibawah ini dan kalian temukan jawabanya. Memang membuat orang menjadi galau kalau pada saat kita mengerjakan pekerjaan kantor atau mengerjakan pekerjaan kuliah tiba-tiba komputer yang kita gunakan mati padahal tugas harus dikumpulkan besok
gimana ni.......
         kami akan mencoba membantu anda untuk mengatasi trouble baik dari hardware maupun softwarenya yang kadang sepele dan hanya butuh beberapa peroses saja. mari kita belajar....
langkah-langkahnya sebagai berikut:
1. Mengatasi Komputer tidak mau nyala dan layar ngeblank.
untuk mengatasi kasus ini mungkin anda harus memeriksa beberapa komponen seperti:
- Cek LCD anda apakah menyala atau tidak, apabila LCD anda menyala dan kabel VGA sudah kalian cek maka tidak perlu bingung berarti LCD/ Monitor anda tidak bermasalah  dengan cara mencoba memasangkan slot VGA anda ke monitor yang tidak bermasalah baik dari laptop/Komputer Desktop sama saja tidak ada masalah.
- Cek RAM (Random Acces Memory) anda dengan cara melepas chasing CPU anda biasanya terdapat baut yang mengunci chasing CPU anda dan lepaskan perlahan dan cobalah untuk melepas RAM anda dengan cara melepaskan pengunci RAM yang seperti jeplikan dan diusakan untuk menekan pengait RAM ke arah bawah untuk melepasnya dan lepas lah di dua sisi dan coba untuk melepas RAM anda secara perlahan dan jangan di paksa. biasanya kasus ini terjadi ketika laptop atau komputer anda menyala untuk lampu indikator powernya menyala tapi layar ngeblank dan untuk beberapa komputer akan bunyi beep agak lama dan itu menandakan bahwa ram anda sudah tidak bagus. Untuk memperbaikinya tidak perlu menyediakan penghapus pensil punya adik kalian juga bisa tapi jangan menggunakan penghapus pensil yang dari karet yang keras, tapi gunakanlah penghapus pensil yang lembek seperti penghapus pensil 2B agar tidak merusak lempengan tembaga yang ada di RAM. setelah RAM anda lepas perhatikan sisi bawah ram yang terdapat tembaga dan biasanya warnanya kuning dan cobalah untuk membersihkanya dengan menggunakan penghapus dengan agak menekan tapi jangan terlalu keras sampai warna kuningan agak berubah warna menjadi lebih bersih dan selanjutnya bersihkan sisi sebelahnya juga. setelah bersih pasangkan kembali ke dalam slot RAM yang tadi, tapi ingat dilihat di bagian bawah biasanya untuk RAM terdapat pembatas seperti dibagi dua sisi kanan dan kiri agar posisi tidak tertukar cobalah pasang dengan pelan pelan lalu masukan dan agak di tekan sampai pengait mengait dengan sendirinya. tapi apabila pengait tidak mau mengonci sendiri cobalah untuk menarik pengait ke atas, kalau semua peroses selesai tinggal nyalakan komputer anda.

         Dari beberapa kasus yang pernah saya jumpai untuk kasus laptop atau komputer tidak mau nyala memang berbeda beda untuk hal ini saya berikan tutorial yang umumnya terjadi di beberapa komputer.

2. Komputer Restart sendiri
untuk mengatasi komputer yang restart sendiri ini kasus yang berbeda untuk melakukan pengecekan anda cukup mengecek beberapa komponen seperti"
- RAM (untuk perosesnya sama seperti proses membersihkan RAM di atas)
- CPU overhead
           Apabila komputer anda nyala tapi tiba tiba mati lagi dan terus berulang-ulang ini biasanya yang terjadi adalah CPU anda overhead atau kepanasan, dan anda dapat melakukan pengecekan ke Kipas pendingin anda mati atau tidak? apabila kipas pendingin anda mati tentunya harus diganti dengan yang baru. untuk laptop memang agak ribet kalau anda belum pernah membuka laptop anda sendiri dan harus didampingi oleh ahli.
- Hardisk Bad sector
           untuk hardisk bad sector biasanya sering terjadi pada hardisk yang sering ke bentur atau overhead dan hal ini bisa di perbaiki dengan melakukan beberapa pengecekan seperti mengecek dengan menggunakan Chek disk atau dengan cara klik kanan drive yang akan di cek dalam hal ini seperti drive C, D, atau E caranya adalah dengan klik kanan pada drive tersebut dan selanjutnya akan muncul menu Data Properties lalu klik Tab Tools lalu pilih Chek Now seperti gambar dibawah ini
 

Lalau pilih start untuk melakukan peroses dan apabila terdapat pesan error tentunya anda harus melakukan proses perbaikan dengan menggunakan beberapa tools seperti low format HDD Regeneration atau degan menggunakan aplikasi yang lainya. atau anda dapat mencobanya dengan menggukanan komputer lain yang masih nyala dan berfungsi dengan baik lalu masukan hardisk anda kekomputer tersebut dan selanjutnya nyalakan komputer, apabila komputer mendeteksi hardisk untuk dichek maka cek lah terlebih dahulu dan jangan menekan tombol apapun sampai hardisk diperbaiki.
- Komponen Motherboard Kotor
hal ini memang jarang terjadi karena biasanya apabila komputer yang ada sudah sering digunakan dan dibersihkan tentu tidak akan terjadi tapi kalau komputer anda ngehang dan restart sendiri biasanya komponen anda ada yang tidak bekerja anda dapat membersihkanya terlebih dahulu dengan cara melepas semua power yang masuk lalu lepaskan semua chasing, setelah chasing terlepas gunakan obeng untuk membuaka motherboard tapi ingat lepaskan terlebih dahulu kabel-kabelnya dan di ingat posisi sebelumnya, dalam hal ini lebih baik anda memfoto terlebih dahulu agar tidak lupa. setelah semua kabel terlepas, selanjutnya lepas motherboard anda dengan perlahan dan gunakanlah cairan pembersih PCB atau elictrical cleaner tapi kalau tidak punya gunakanlah minyak kayu putih saja juga bisa, tapi ingat jangan pakai bensin karena berbahaya, gunakan kuas atau sikat gigi yang sudah tidak terpakai lalu gosok perlahan dan bersihkan terutama ke perangkat yang karatan. lalu jangan lupa bersihkan chasingnya juga ya..... biar nggak error lagi. setelah bersih biarkan sampai semuanya kering lalu pasangkan kembali ke posisi semula.

untuk beberapa kasus memang banyak dan rumit tapi saya jelaskan secara simple untuk memperbaikinya yang biasa terjadi dan sudah saya buktikan sendiri. lancar dan berjaya..... 
apabila ada pertanyaan mengenai seputar komputer silahkan tanya di sini dan kami siap membantu anda dan berbagi itu tidak sulit. apabila ada kesalahan penulisan saya meminta maaf dan terimakasih.

No comments:

Post a Comment