Thursday, July 23, 2015

Tips Sehat dan lancar Mengerjakan Skripsi

Pernahkah anda bosan mengerjakan skripsi dikamar tanpa suasana yang memadai dan lebih sering bermain dibandingkan menyelesaikan skripsi anda. sebetulnya susah-susah gampang tergantung niat anda berikut saya berikan tips sehat agar skripsi anda cepat selesai dan mendapatkan nilai maksimal.
sebelum melakukan skripsi sebaiknya meminta restu kepada orang tua dan jangan lupa untuk selalu berdo'a agar diberikan kelancaran.berikut secara sing
kat tips dan trik agar skripsi lancar.

1. Pilih Judul yang Tepat
untuk skripsi sebaiknya pilihlah judul yang anda kuasai dan jangan asal menulis judul karena kalau asal menulis judul anda akan kesulitan ditahap berikutnya, lebih baik cari referensi judul yang sudah pernah dibuat.
2. Tentukan Lokasi Penelitian
banyak beberapa teman kita yang memilih membuat penelitian bayangan yaitu skripsi dibuat tanpa adanya kenyataan melakukan penelitian di lokasi tersebut. hal tersebut jangan dilakukan karena sesulit apapun kita harus memulainya untuk mencari lokasi penelitian kita dan hilangkan rasa malu atau takut untuk melakukan penelitian, karena di beberapa instansi malah merasa dibantu dengan adanya anda. ketika anda melakukan penelitian secara langsung anda akan merasakan bagaimana kesulitan yang terjadi dan bagaimana penyelesaianya, dibandingkan anda tidak melakukan langsung dan berkunjunglah setiap satu minggu satu kali jika diperkenankan.
3. Bimbingan Sesering mungkin
hilangkan rasa malu anda ketika melakukan bimbingan, sebaiknya anda mencoba untuk membuat janji dengan pembimbing anda dapat berkonsultasi dengan anda apa kekurangan anda dan tanyakan yang anda ingin tanyakan. lebih baik seperti orang bodoh daripada seperti orang pintar.
4. Istirahat yang cukup
setelah melakukan bimbingan sebaiknya anda catat dan kerjakan kekuranganya satu hari setelah bimbingan karena ketika anda langsung mengerjakanya tentu anda akan merasakan panik dan menjadi tidak fokus. minum dan makan-makanan yang bergizi agar kesehatan tetap terjaga.
5. Berdiskusi dengan teman
diskusikanlah dengan teman anda yang memiliki topik sama supaya referensi yang didapatkan lebih banyak serta bisa mengetahui apa yang perlu ditabahkan.
6. Selesaikan BAB 
untuk menyelesaikan BAB misalkan anda sekarang berada di BAB 2 segeralah untuk membuat BAB 3 selagi BAB 2 masih dalam koreksi.
7. Lengkapi data
Apabila anda akan melakukan skripsi segeralah untuk melengkapi semua data seperti buku referensi, ringkasan-ringkasan materi.
8. Tandai dan Rangkum
Tandai beberapa referensi yang sering ditanyakan di setiap bukunya sehingga anda tidak susah untuk mencarinya. setiap jawaban tidak harus sama gunakanlah penjabarannya saja dan jangan menjabarkan seperti membaca buku.
9. Refisi
pada saat refisi sebaiknya anda Refresshing terlebih dahulu agar pikiran anda tenang dan istirahat yang cukup agar keesokan harinya anda dapat menyelesaikannya. diusahakan selesaikan satu-persatu apabila anda rasa sulit agar setiap kesalahan cepat terselesaikan, dan seringlah untuk bertemu dengan dosen pembimbing anda.
10. Selesaikan Administrasi
setelah anda selsesai refisi jangan menunda-nunda untuk menjilid atau membuat jurnal dll karena hal ini akan menjadi penghambat anda untuk mengikuti wisuda di jadwal yang telah ditentukan.

berikut penjelasan dari saya dan kesuksesan tergantung dengan anda sendiri dan doa serta ibadah yang kuat karena apabila anda hanya menginginkan yang instan tentu hasilnya juga instan, dengan kata lain sebaiknya anda berjuang dengan kerja keras sendiri dan mendapatkan hasil yang memuaskan.

No comments:

Post a Comment